Rabu, 28 September 2011

Tips Menjaga Kesehatan Kaki

Kaki, barangkali merupakan salah satu bagian tubuh kita yang sering kita lupakan dalam hal pemeliharaan atau kita jaga kesehatannya. Padahal dari bagian kaki ini juga sering muncul permasalahan yang mengganggu seiring dengan terabaikannya kesehatan kaki, seperti telapak kaki yang pecah-pecah atau bahkan bau kaki.

Berikut ini beberapa langkah mudah untuk menjaga kesehatan kaki:
1.Lakukan pemeriksaan secara periodik terhadap kondisi kaki untuk mengetahui apakah ada perubahan pada kaki. Perhatikan apakah kuku-kuku menebal, atau memucat (yang bisa mengindikasikan adanya jamur) dan retak-retak atau sobekan di kulit kaki yang merupakan indikasi problem athlete’s foot.
2.Bersihkan secara rutin ketika mandi atau berendam. Jangan lupa membersihkan sela-sela kaki dan kuku dan jangan lupa untuk mengeringkannya.
3.Pilih sepatu yang nyaman, gunakan sepatu yang pas dan memungkinkan kaki untuk bernafas.
4.Hindari ke luar rumah tanpa menggunakan sepatu. Kaki telanjang lebih rentan terhadap cedera dan infeksi, jadi amankan kaki dengan tetap bersepatu.
5.Ganti kaos kaki secara periodik, untuk menghindari munculnya jamur dan bakteri yang menyebabkan munculnya bau kaki.
6.Periksa ke dokter ahli kesehatan kaki setiap kali mengalami problem nyeri kaki. Jika mengidap diabetes, jadwalkan check up kaki setahun sekali.

sumber; gayahidupsehat.org

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes