Kamis, 01 Desember 2011

Tips Sehat Jalani Datang Bulan



Tips Sederhana Untuk Mengurangi Rasa Sakit Perut Saat Datang Bulan
  • Mandi air hangat, boleh juga menggunakan aroma terapi untuk menenangkan diri
  • Kompres dengan botol panas (hangat) tepat pada bagian yang terasa kram (bisa perut atau pinggang bagian belakang)
  • Tarik napas dalam-dalam secara perlahan untuk relaksasi
  • Minum minuman hangat terutama yang mengandung kalsium tinggi
  • Menggosok-gosok perut/pinggang yang sakit dengan sesuatu yang hangat
  • Ambil posisi menungging sehingga rahim tergantung ke bawah. Ini bisa membantu relaksasi (kaki menekuk ke arah dada)
  • Jika kamu ingin menggunakan obat pereda rasa nyeri, obat-obatan yang digunakan harus atas pengawasan dokter. Boleh minum analgetik (penghilang rasa sakit) yang banyak dijual di toko obat, asal dosisnya tidak lebih dari 3 kali sehari
  • Tambahkan makanan yang mengandung kalsium dan vitamin C dosis tinggi 500mg jika dibutuhkan dan tidak ada riwayat maag kronis, terutama seminggu sebelum menstruasi
  • Makan makanan berserat dan perbanyak minum air putih

Yang Perlu Dijauhi Saat Haid (bertujuan mengurangi rasa sakit) dan Anjuran Lainnya Saat Menstruasi .Kurangi makanan bergaram, seperti kentang goreng, kacang-kacangan, dan makanan berbumbu, untuk mengurangi penahanan air berlebih.Kurangi makanan berupa tepung, gula, kafein, coklat dan es.


Definisi Nyeri Haid
Dismenorea atau yang lebih dikenal dengan nyeri haid adalah keluhan yang sering dialami wanita pada bagian perut bawah. Nyeri haid merupakan penyakit yang sudah cukup lama dikenal. Nyeri yang dirasakan saat haid tidak hanya terjadi pada bagian perut bawah saja. Beberapa remaja perempuan kerap merasakannya pada punggung bagian bawah, pinggang, panggul otot paha atas hingga betis.

http://acepsuherman.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes